Fajar dilahirkan di Jambi 6 September 1993 dari kedua orang tua yang berasal dari Batusangkar, Sumatera Barat. Terlahir dari keluarga Minangkabau memengaruhi pemikiran dan aktivitas yang dilakukannya. Ia sangat terinspirasi dengan pepatah adat minang yang menjelaskan bahwasanya alam semesta adalah sumber ilmu, juga tentang hakikat merantau, sejauh tempat merantau, kampung halamanlah tujuan utama untuk berkontribusi.

Menyelesaikan SMA di SMAN 2 Batusangkar (2011) kemudian melanjutkan pendidikan sarjana di FMIPA UGM Yogyakarta. Sejak kuliah di UGM aktif berorganisasi, pernah di amanahi sebagai Dewan Formatur Forum Saintis Muda Nasional (2013), terpilih sebagai Ketua BEM KM FMIPA UGM (2014), diamanahkan  sebagai Kepala bidang kajian HMI Sleman (2015-2016).

UGM adalah kampus yang dekat dengan rakyat, dari semangat itu fajar ikut aktif di program pengabdian masyarakat, sejak 2013 ikut membersamai program pengabdian masyarakat LSiS FMIPA UGM di daerah dlingo Bantul, 2014 membersamai departemen sosial BEM KM FMIPA UGM menjalankan dana hibah DIKTI dalam program PKM Pemberdayaan Masyarakat dengan fokus pendidikan, dan juga beberapa program lain seperti bakti sosial di desa, sosialisasi pendidikan dan ramadhan di desa.

Tahun 2015 menjalankan program KKN PPM UGM di desa andoolo utama, kab. Konawe selatan, Sultra. Selama dua bulan belajar di sana banyak mendapat pengalaman berharga tentang makna kebhinekanaan karena didaerah tersebut terdiri dari beragam suku dan agama. Setelah selesai KKN, fajar mendapatkan hibah program MFB Baktinusa Dompet Dhuafa, program pemberdayaan masyarakat di desa sungai limau, kecamatan sebatik tengah, kab. Nunukan, Kaltara. Program yang dilaksanakan selama satu bulan adalah mengajar di sekolah tapal batas dan pelatihan UMKM berbasis teknologi.

Februari 2016 ikut diwisuda oleh UGM, pasca kuliah fajar masih aktif menghidupkan organisasi, melanjutkan amanahnya sebagai Kepala Bidang Kajian HMI Sleman sembari bekerja sebagai asisten di laboratorium kimia dasar UGM, mengajar dan bekerja freelance, beberapa kajian HMI Sleman pernah mengundang beberapa tokoh seperti Revrisond Baswir (Ekonomi Kerakyatan) Ricky Elson, dsb. Juga ikut menjadi moderator dan pendamping selama LK1, LK2 dan SC HMI Sleman.

Agustus 2017 memulai perkuliahan program S2 di Departemen Kimia, Universitas Chulalongkorn. Tergabung dalam grup riset Centre of Excellence for Computational Chemistry, fajar meneliti tentang pemodelan molekul kimia dalam aplikasi baterai aluminium supercepat.

Fajar cukup aktif menulis di beberapa publikasi terindeks scopus seperti AIP Conference proceedings, Asian Journal of Chemistry dan Indonesian Journal of Chemistry. 

Selain menulis artikel di jurnal ilmiah, fajar aktif mengirimkan artikelnya di beberapa media seperti dompet dhuafa (org) dan selasar (com), beberapa tulisan seperti:

  1. Cerita Tapal Batas: Bersama Para TKI Di Balik Jeruji Besi
  2. Respon Strategis terhadap Nawa Cita dalam hal Janji Kedaulatan Energi
  3. Kabut Asap: Akankah Kami Terus Menghirupnya?
  4. Hampir Punahnya Karakter Prajurit Intelektual Pada Gerakan Mahasiswa

Juga ikut berkontribusi sebagai kontributor tulisan di buku “Menagih Janji Negarawan” Dompet Dhuafa dan sebagai Editor di Buku “Pelangi untuk Bumi” KM FMIPA UGM.

Beberapa prestasi yang pernah diraih fajar diantaranya: mewakili FMIPA UGM dalam seleksi mahasiswa berprestasi UGM 2013, Mendapatkan dana penghargaan PKM Gagasan Tertulis DIKTI 2012 dan 2013, serta menjadi juara 1 dalam kompetisi kimia SMA tingkat provinsi Sumatera Barat.

Organisasi adalah wadah untuk memberikan kontribusi kebaikan yang berlipat, itu yang fajar yakini sehingga terus aktif berorganisasi, saat ini diamanahi sebagai Koordinator PPI Dunia 2018-2019, sebelumnya pernah diamanahi sebagai Presiden Permitha (PPI Thailand) 2018.

Close Menu