Permitha Kolaborasi Karya 2018/19

Permitha Kolaborasi Karya 2018/19

3 Februari 2019 nanti amanah kami di Permitha akan tunai, tentu ada beberapa capaian selama setahun dipercaya membangun Permitha sebagai salah satu organisasi perhimpunan pelajar Indonesia di luar negeri. Tagline Kolaborasi Karya adalah tema yang kami angkat di kepengurusan ini, kami berharap Permitha mampu menjadi media untuk berkolaborasinya para pelajar Indonesia yang sedang studi di Thailand untuk menghasilkan karya. Tentunya, program-program yang sudah dikerjakan tahun lalu juga kami lanjutkan seperti: kegiatan seni dan olahraga, workshop statistika dan Thai class, family gathering dan juga seperti amanat tahun lalu bagaimana membangun komunikasi yang baik antara KBRI dan Permitha itu sendiri. Ada beberapa program baru yang kami buat dan beberapa capaian yang telah kami capai, berikut beberapa profil pencapaian yang kami laporkan.

 

  • Pencapaian secara kelembagaan dan internal organisasi
  1. Optimalisasi Simpul Permitha

Kepengurusan Permitha 2017/2018 membentuk kepengurusan beberapa simpul Permitha, program ini juga kami lanjutkan dengan rapat rutin 4 bulan sekali, dan rapat tentatif jika diperlukan keputusan terkait Permitha dan Simpul. Melanjutkan hasil capaian program tahun lalu, sejauh ini Permitha sudah meresmikan 12 Simpul resmi, simpul-simpul di beberapa kampus yang belum diresmikan dijadikan sebagai simpul rintisan hingga mereka mampu membentuk struktur organisasi sesuai yang telah ditetapkan dalam Konstitusi Permitha

2. Draft Konstitusi

Pada tahun ini kami membentuk tim konstitusi dan tim pilpres Permitha 2019, adapun tugas mereka adalah membuat Draft Konstitusi dan melakukan uji publik sehingga draft tersebut bisa disetujui dengan seksama saat acara Mubes.

3. Tim panitia pelaksana pemilihan presiden

Optimalisasi simpul menjadi kekuatan Permitha di kepengurusan 2018/19, dengan terlibatnya ketua simpul dalam pengambilan keputusan melahirkan banyak program yang kreatif dan inovatih. Salah satunya pemilihan presiden, pada tahun ini 3 kandidat telah terpilih dalam menjalankan pesta demokrasi Permitha. Pada pemilihan presiden ini juga diadakan debat langsung di kanal PPI TV.

 

  • Kebaruan program dan pencapaian
  1. Departemen kajian strategis sebagai lembaga think-tank Permitha

Kepengurusan tahun ini banyak memberi sorotan kepada departemen kajian strategis (kastrat) dimana kastrat merupakan departemen yang harusnya paling banyak memberikan karakter pada kepengurusan permitha 2018/19. Banyak kebaruan yang dilahirkan di departemen kastrat diantaranya Buletin Excelencia yang terbit sampai volume 8, kemudian Tabloid Akselerasi sebagai kado penutup akhir tahun kepengurusan, lalu juga Buku Kontribusi diaspora muda yang dilaunching sebagai sumbangsih Permitha dalam Kongres Diaspora Muda di Jakarta, Agustus 2018, Excelencia Review sebagai salah satu jurnal yang merangkum semua tulisan ilmiah dari semua volume buletin exelencia, dan tentunya buku Merajut Mimpi di negeri Gajah Putih bekerjasama dengan beberapa departemen lainnya.

*Perwakilan Permitha dalam Kongres Diaspora Muda di Jakarta, 13-15 Agustus 2018

 

3. Permitha tuan rumah Simposium PPI Dunia kawasan Asia Oseania 2018

Pada bulan mei 2018 permitha berhasil mengadakan simposium kawasan PPI Dunia dengan dihadiri pembicara nasional seperti Wakil ketua DPD, Anggota DPR-RI, Praktisi, delegasi PPI dan mahasiswa Indonesia juga Thailand.

4. PPI Awards untuk kategori PPI dengan program kerja sosial masyarakat

Pada tahun 2018 Permitha mengadakan gerakan 1000 sepatu sekolah bekerjasama dengan yayasan cita, terkumpul 170 pasang sepatu, dimana program ini meneruskan yang sudah dibangun mas bayu pada tahun 2016/17 yang saat itu terkumpul 100 sepatu. Harapannya program ini terus berlanjut hingga mencapai 1000 sepatu. Seperti dikepengurusa sebelumnya Permitha mendapatkan penghargaan sebagai PPI terbaik dalam program sosial pada simposium PPI Dunia 2017 di Warwick UK. Pada Juli 2018 di Moskow, Permitha kembali mendapatkan penghargaan yang sama.

 

Gambar diakses pada 26 Januari 2019, Gambar dipublikasikan oleh Republika pada Sabtu 01 Dec 2018 07:30 WIB. Klik disini

5. Digitalisasi AASIC dari tahun 2012-2018

Pada tahun ini Permitha membuat sebuah platform untuk AASIC yang menggabungkan semua hasil konferensi dari AASIC 1-6. Silahkan akses ke aasic.org

 

dan terkahir inilah infografik pencapaian dari kami Permitha kepengurusan 2018/2019

Leave a Reply

Close Menu