Komunitas Kimia Teori (Komputasi)

Komunitas Kimia Teori (Komputasi)

Komunitas ilmiah atau komunitas keilmuan seperti sebuah ekosistem yang bertujuan untuk upgrading atau mempercepat proses dalam menghasilkan pengetahuan baru. Kita mengenal di Indonesia ada Himpunan Kimia Indonesia (HKI), Himpunan Fisika Indonesia (HFI) atau organisasi profesi seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Begitu juga di level internasional, untuk komunitas kimiawan (chemist) secara umum dikordinir oleh IUPAC (International Union of Pure and Applied Chemistry) dan untuk lebih spesifik dalam bidang kimia teori (komputasi) ada namanya WATOC (World Association of Theoretical and Computational Chemists) yang dalam 3 tahun sekali mengadakan kongres untuk memfasilitasi pertemuan pakar-pakar kimia teori (komputasi). WATOC juga memberikan apresiasi kepada pakar-pakar yang telah memberikan kontribusi besar dalam pengembangan kimia teori (komputasi) yaitu Schrodinger Medal dan Dirac Medal. Tahun ini (2020), kongres WATOCyang ke-12 akan diadakan di Van Couver Canada.

Untuk level regional sendiri, komunitas kimia teori (komputasi) dari regional asia pasific juga punya asosiasi sendiri yaitu APATCC (Asia-Pacific Association of Theoretical and Computational Chemists) yang juga masih dibawah kordinasi WATOC. APATCC mengadakan konferensi regional per 2 tahunan dan juga memberikan award kepada pakar-pakar yang telah memberikan kontribusi besar dalam pengembangan kimia teori (komputasi) yaitu Fukui Medal dan Pople Medal.

Untuk teman-teman di Indonesia yang saat ini sedang berkecimpung dalam riset di bidang Kimia teori (komputasi) sangat direkomendasikan untuk join konferens yang diadakan WATOC ataupun APATCC 🙂

Sekian, sedikit informasi yang bisa dibagikan 🙂

Leave a Reply