Beda-beda cara membaca QS World Univ. Rangking 2021

Beda-beda cara membaca QS World Univ. Rangking 2021

Beberapa hari kemarin timeline bersliweran opini temen2 di sosmed tentang rangking kampus. Pun juga sosial media beberapa universitas, UGM yang tahun ini berada di rangking 1 Indonesia dan 254 Dunia ikut mengundang beberapa alumninya seperti pak mentri, pak Gub dsb utk mengucapkan selamat.

Biasanya Univ Indonesia yg masuk 20 besar Asean Univ di QS adalah UI, ITB, dan UGM. Tahun ini Unair ikut meramaikan di klasemen tersebut, dan berada d peringkat 4 Indonesia.

Berbeda sedikit dengan kampus saya saat ini (Chula), bukan hanya di sosmed, bahkan d beberapa pelataran kampus spanduk World’s Top 100 Univ. Academic Reputation (ranking 96) terpampang rapi beserta dengan aksara Thainya *sedikit kaget. QS sendiri memiliki beberapa indikator, secara overall dr 2009-2020 rangking chula ini turun dari 130-an sampe 200an dan skrg di 208.

Terkait Indikator tadi, yg menarik adalah KAUST Arab Saudi yg berada d rangking 1 dalam hal sitasi akademik. KAUST ini memang lagi gencar2nya menarik peneliti terbaik utk bekerja d institusi mereka, saya sempat diskusi sama Rifaldy Fajar yang smpt magang disana, selain salary-nya yang menggiurkan, alat-alat pendukung risetnya, juga terkait semangat utk publikasi di penerbit ber-impact tinggi.

Apapun itu mari berikan apresiasi kepada pihak-pihak yg telah bekerja keras untuk prestasi tersebut dan tetap sadar konstitusi mengamanatkan ada tugas besar terkait mencerdaskan kehidupan bangsa. Semoga pendidikan Indonesia terus jadi lebih baik dan terjangkau luas.

Leave a Reply