Belajar Leadership dari Dubes Rahmat Budiman

Belajar Leadership dari Dubes Rahmat Budiman

Awal tahun 2021 kami kedatangan Dubes baru, beliau adalah pak Rahmat Budiman. Setelah menyelesaikan karantina sebagai kewajiban memasuki Thailand, KBRI langsung mengadakan ramah tamah virtual (Dubes R. Budiman Menyapa). Mengingat adanya peraturan baru dari pemerintah Thailand untuk mengurangi kegiatan gathering terkait penyebaraan Covid yang meningkat maka dari itu kegiatan ini diadakan secara virtual.

Kegiatan ramah tamah virtual berjalan dengan penuh kekeluargaan, diperkenalkan bahwa Pak Dubes Rahmat adalah lulusan FH UI, beliau di Kemlu masuk seangkatan dengan bu mentri Retno. Pak Rahmat sudah banyak bertugas di beberapa negara sebagai diplomat, sebagai duta besar beliau pernah ditempatkan di Wina dan sekarang di Bangkok. Beliau sendiri sangat hobi berolahraga dan naik gunung.

Bagi saya acara ramah tamah virtual ini juga sebagai medium belajar tentang kepemimpinan, Pak Dubes di acara ramah tamah ini (bagi saya) secara tdk langsung menunjukkan kapasitas leadership beliau dari segi public speaking, visi, kemampuan untuk mengajak dan sifat humble beliau yang membuat masyarakat Indonesia disini terasa diayomi dan siap bekerjasama.

Per 1 Februari pemerintah Thailand mulai kembali membuka kegiatan2 dengan catatan tetap berbasis new normal dan mematuhi protokol kesehatan. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh KBRI dan Permitha untuk mengadakan friendly match sepakbola. Lagi2 di kesempatan ini Pak Dubes Rahmat mengajarkan kami tentang kepemimpinan, beliau bermain di posisi gelandang. Selama pertandingan berjalan, secara tdk langsung beliau mengajarkan tentang kerjasama tim, memotivasi anggota, menikmati proses dan berbagi kebahagian. Meski usia beliau sudah kepala 6, tapi fisik dan stamina beliau masih sangat bagus.

Welcome pak dubes, baru beberapa pekan disini kami sudah banyak belajar kepemimpinan dari Bapak, semoga kami bisa terus belajar kedepannya !

(Acara Dubes R. Budiman Menyapa 22 Januari 2021)

Leave a Reply