Merancang Visi Indonesia 2045

Merancang Visi Indonesia 2045

Entah apa yang difikirkan oleh pak dino dan koleganya di Ikatan Diaspora Indonesia sehingga dengan berani mengajak anak muda dan golongan tua untuk berkumpul membahas mau seperti apa Indonesia di 1 abad kemerdekaannya.

Pak Dino memang selalu berfikir out of the box, karakter urang awak memang sangat melekat di diri beliau; negosiator ulung, pedagang yang handal (yang beliau jual adalah ide), serta pemimpin yang berani, seperti itulah sosok Bapak Dino Patti Djalal menurut saya.

Merancang Visi Indonesia 2045, tulisan itu tertulis sangat besar menyambut kawan-kawan peserta Kongres Diaspora Muda CIDY 2018 di Ballroom Puri Agung Grand Sahid Jaya. Hari pertama adalah waktu untuk brainstorming para peserta dengan dibukanya acara oleh Ibu Menlu Retno Marsudi, kemudian beberapa diaspora muda tampil berbagi cerita tentang pengalaman dan prestasinya.

Hari kedua adalah hari yang paling berkesan menurut saya, disini peserta dikumpulkan sesuai dengan bidang yang mereka sukai, mulai dari pendidikan dan sosial budaya, Demokrasi, Reformasi dan Pemerintahan, Sumber daya alam, sains dan Teknologi, Keamanan dan Kemaritiman, Ekonomi dan Wirausaha dsb. Selepas pembukaan dan talkshow dengan diaspora muda, acara diskusi dilanjutkan hingga waktu adzan maghrib berkumandang, tentunya ada jeda untuk makan siang, shalat dzuhur dan ashar.

Setelah selesai berdiskusi, hasilnya di godok dan kemudian dikirim ke drafting committe, beruntungnya saya masuk di bagian ini bersama beberapa anak muda prestasi, beberapa Rektor yang tergabung dalam Forum Rektor Indonesia, Ikatan Diaspora dsb.

Diskusi ini menarik bagi saya, karena disini saya cukup merasakan atmosfer perbedaan pandangan antara anak muda dan golongan tua, tapi ini menarik, bayangkan saja pemuda berprestasi yang sering memborong piala penghargaan, berdebat dengan bapak-bapak perwakilan forum rektor dan diaspora, untungnya perdebatan ini masih berada dalam koridor sopan santun dan unggah-ungguh, tapi ini sangat menarik dimana millenial sudah berani beradu ide dengan golongan tua.

Pukul 1 dini hari Naskah Visi Indonesia 2045 pun berhasil disepakati, tentunya dengan meriahnya tepuk tangan, canda-tawa bahagia dari tim drafting committee menandakan bahwa meeting malam ini akan segera selesai. Boleh banget follow Diaspora Indonesia di facebook dan @diasporari di instagram untuk mengikuti gagasan dan gerakan yang dibangun oleh komunitas diaspora Indonesia. Untuk Visi Indonesia 2045 bisa diakses disini

Mungkin sedikit dulu yang bisa saya bagi tentang sekilas kegiatan Kongres Diaspora Muda CIDY 2018.

Terimakasih 🙂

 

 

 

 

Leave a Reply

Close Menu