Sitasi, bentuk apresiasi kerja peneliti

Sitasi, bentuk apresiasi kerja peneliti

Hari ini dapat notif dari google scholar, salah satu artikel ilmiah yang saya buat bersama teman2 AIC disitasi oleh salah satu peneliti yang mempublikasikan hasil penelitiannya di Jurnal Physical Chemistry Chemical Physics (PCCP), boleh dibilang jurnal ini salah satu jurnal favorit dalam kajian kimia fisik. Dua bulan yang lalu, dari google scholar saya juga melihat artikel kami tadi disitasi oleh salah satu mahasiswa doktoral di Universitas Lancaster UK dalam disertasinya.

Tentu menjadi kepuasan tersendiri, bahwa jerih payah kami dalam melakukan penelitian diapresiasi, sederhananya apa yang kami kerjakan sedikit tadi ternyata dapat pula bermanfaat untuk orang lain dalam proses pengembangan ilmu pengetahuan, salah satunya tadi digunakan sebagai referensi dalam menulis disertasi.

Seperti yang pernah saya tulis dalam status facebook:

“Bisa jd salah satu bentuk kepuasaan seorang peneliti adalah ketika hasil penelitiannya diperbincangkan, dikaji, dibantah, didebat hingga ujungnya disitasi, dijadikan referensi utk naskah akademik lainnya.”

Semoga bisa terus produktif melakukan riset dan mempublikasikannya sehingga dapat pula bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

 

Featured image from: radionz.co.nz

Leave a Reply

Close Menu