Penyetaraan Ijazah Luar Negeri di Kemristekdikti

Penyetaraan Ijazah Luar Negeri di Kemristekdikti

Assalamualaikum, teman2 semua saya mau sharing terkait proses penyetaraan Ijazah Luar Negeri. Surat penyetaraan ini penting sebagai syarat mendaftar di beberapa instansi khusus-nya instansi pemerintah. Langsung saja

  1. Buat akun di https://ijazahln.ristekdikti.go.id/ijazahln/
  2. Persiapkan beberapa dokumen untuk di-scan seperti Ijazah Asli (dalam bahasa inggris), passport dan visa studi (semua halaman passport di-scan), transkrip, ijazah jenjang sebelumnya, dan tesis/disertasi.
  3. Setelah semua file di-scan, kita akan dapat email dari admin bahwasanya status permohonan kita submitted
  4. Kita bisa memantau proses penyetaraan tersebut di portal https://ijazahln.ristekdikti.go.id/ijazahln/seperti berikut ini
  5. Tim akan memberikan arahan jika ada persyaratan yang kurang lengkap, dalam kasus saya saat itu saya tidak men-scan semua halaman passport, sehingga dilakukan revisi.
  6. Jika tidak ada masalah, admin akan mengirim e-mail bahwasanya SK Penyetaraan kita sudah dicetak dan sudah ditandatangani, sehingga kita bisa mengambilnya ke Dirjen Belmawa Kemristekdikti, Pintu D.
  7. Untuk proses pengambilan dapat diwakilkan dengan menggunakan surat kuasa untuk pengambilan
  8. SK tidak boleh dibiarkan selama 3 bulan, usahakan segera mungkin untuk mengambilnya
  9. Proses legalisir membutuhkan waktu 3-4 hari kerja, jadi jika kita ingin sekaligus legalisir, setelah SK diperoleh segera fotocopy SK tersebut (di dekat kemristekdikti ada warung fotocopy) kemudian setelah difotocopy segera submit ke FO (front officer). Maksimal legalisir adalah 5 eksemplar.
  10. Setelah selesai, kita hanya menungu 3-4 hari kerja kemudian bisa langsung mengambil di FO kembali.

FYI: Kita ga perlu bawa2 dokumen asli yang sudah kita scan, ketika datang di kemristekdikti cukup bawa foto 3X4 berwarna 2 lembar dan bukti pengambilan SK nya, ini contohnya:

Sekian sharing terkait SK penyetaraan ijazah LN semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Close Menu