Rekomendasi Beasiswa di Chulalongkorn University

Rekomendasi Beasiswa di Chulalongkorn University

Chulalongkorn University (Chula), kampus tertua di Thailand dan menurut beberapa lembaga pe-rangking-an selalu berada di rangking 1 se-Thailand terus mendorong agar iklim akademiknya menjadi lebih baik, salah satunya dengan meningkatkan peneliti, pendidik dan mahasiswa asing yang memiliki kualifikasi yang baik dengan cara memberikan beasiswa pendidikan, beasiswa riset dan beberapa reward lainnya. Pada kesempatan ini saya ingin sharing beberapa beasiswa pendidikan yang bisa diakses untuk mendapatkan kesempatan studi di Chula:

 

  • ASEAN-Non ASEAN Countries Scholarship

Dulunya beasiswa ini hanya disebut dengan ASEAN Scholarship, namun dengan bertambah banyaknya mahasiswa asing dari beberapa negara di luar kawasan ASEAN seperti dari Asia Timur dan Selatan, Timur tengah dan Afrika dan beberapa negara berkembang di Eropa, beasiswa ini diperluas untuk status penerimanya. Per bulan kita akan diberikan uang sebesar 16.000 Baht (monthly allowance) sedangkan untuk tuition fee dsb. sudah dibebaskan oleh universitas sesuai kontraknya, master 2 tahun, dan doktoral 3 tahun (umumnya). Selain untuk S2-S3, beasiswa ini juga diberikan kepada mahasiswa S-1 yang mendapatkan kesempatan exchange. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung menghub. divisi akademik program studi/departemen masing2, karena untuk seleksinya bukan dari universitas melainkan dari prodi masing2.

 

  • C2F Scholarship

Ini adalah beasiswa yang paling baru karena baru dimulai pada perkuliahan akademik agustus 2019 kemarin, beasiswa paling prestisius se-Thailand dengan monthly allowance total 40.000 Baht, karena nominalnya lumayan besar tentunya tanggung jawabnya juga besar, penerima beasiswa ini diwajibkan mempublikasikan paper di jurnal tier 1 (Top 10 besar jurnal di bidang studinya), dan jumlahnya tergantung program studi sendiri. C2F hanya untuk mahasiswa S-3 karena targetnya adalah output riset.

 

  • Royal Golden Jubilee (RGJ)

Berbeda dengan ASEAN dan C2F, beasiswa ini langsung dikelola pemerintah Thailand dibawah institusi TRF (Thailand research fund). Monthly allowance yang diberikan adalah 156.000 per tahunya, selain uang bulanan juga diberikan anggaran untuk riset dan tuition fee. Silahkan ke websitenya: http://rgj.trf.or.th/main/home/

 

  • Graduate School (GS) Scholarship

Beasiswa ini dikelola langsung oleh GS Chula, dengan nominal bulanan yang beragam, silahkan KLIK DISINI namun ada tanggungjawab sebagai teaching assistant tugasnya seperti membantu dosen dalam perkuliahan baik kelas ataupun laboratorium. Silahkan kontak program studi masing2.

 

  • Beasiswa lain-lain

Selain beasiswa yang disebutkan diatas, beberapa mahasiswa S2-S3 khususnya dari Indonesia banyak menerima beasiswa dari beberapa institusi seperti NSTDA (Semcam LIPInya Thailand), AUN-SEED (Asean University Network), JICA (kerjasama pemerintah Jepang dan Thailand) dsb. Untuk pemerintah Indonesia sendiri biasanya beberapa lembaga seperti LPDP, DIKTI, Kaltim Cemerlang (dari prov. Kaltim) dsb. juga ada yang memberikan sponsor untuk studi di Chula.

 

Kemudian umumnya akan timbul pertanyaan berapa sih perbulan biaya hidup di Bangkok?, karena Chula letaknya di pusat Bangkok, tentunya biaya hidup mirip-mirip seperti di Jakarta. Terkhusus apartemen, umumnya 5.000-8.000 THB per bulan, untuk meringankan biaya biasanya mahasiswa berbagi 1 apartemen menjadi 2-3 orang, tergantung besar dan luasnya apartemen yang disewa. Kemudian untuk uang makan, kalau hanya makan di kantin kampus biasanya 30-40 THB per sekali makan sudah menu komplit dengan nasi, lauk (ayam/ikan/daging), sup/sayur). Berbeda kalau makan di luar kampus apalagi mall, bisa tembus d atas 100 baht. Alternatif lain masak sendiri, ini cukup irit, apalagi hidup di Bangkok cukup mudah mendapatkan daging halal, dan sayuran segar. Beasiswa yang ditujukan untuk International Student memang sudah dirancang untuk mahasiswanya hidup layak di Bangkok, jadi insyaAllah dari uang beasiswa juga bisa menabung.

Semangat Scholarship Hunter !

Leave a Reply