Mahasiswa Indonesia berprestasi di Chula

Mahasiswa Indonesia berprestasi di Chula

Tulisan ini sengaja saya bikin untuk menjawab pertanyaan dari beberapa teman2, bagaimana fasilitas lab. disana, apakah iklim risetnya mendukung untuk riset dan publikasi yang baik dsb. Menjawab pertanyaan ini tentu lebih baik kalau diberikan contoh bagaimana porduktifitas mahasiswa. Beberapa yang saya kenal lulus di program doktor Kimia Chula published paper di jurnal bereputasi seperti: JACS, Jurnal terbitan Nature Publisher, Springer, Elsevier, Wiley, dsb. Nah, untuk lebih mudah mencontohkannya saya coba angkat profil salah satu mahasiswa Indonesia yang produktif dalam dunia riset dan publikasi. Namanya mas Edwin, mahasiswa tahun ketiga program doktoral di departemen Kimia, Chulalongkorn Univ. InsyaAllah Mei/Juni beliau akan thesis defence.

Profil Mas Edwin di Google Scholar KLIK DISINI

Mas Edwin studi di departemen Kimia sejak S-2, dan kemudian menyambung S-3, tergabung dalam group riset Center of Natural Product Research beliau cukup aktif mempublikasikan papernya, total paper yang sudah dipublikasikan sejak S-2 sampai sekarang dengan afiliasi Chulalongkorn Univ adalah sebanyak 6 paper (4 sebagai firt author, dan 2 sebagai second author) beliau butuh 1 paper lagi sebagai first author sebagai final riset dari perjalanan PhDnya. Totalnya selama S-2 dan S-3 beliau bisa published 7 paper (5 sebagai first author). Sebenarnya syarat lulus PhD di departemen kimia hanya 1 artikel di jurnal internasional, namun tiap riset grup punya kebijakan sendiri2 tergantung daripada principal investigator (PI) masing, karena mereka yang cari uang penelitian hehe. Apalagi setiap bidang ilmu juga punya keistimewaan sendiri2, riset dalam bidang teoretikal tentu cenderung relatif lebih sulit dalam hal kuantitas publikasi, dan mungkin bisa menang secara kualitas dan novelty, makanya tidak apple to apple membandingkan kuantitas publikasi ilmuan #imho #cmiiw hehe

Itu sedikit profil dari mahasiswa Indonesia yang berprestasi di Chulalongkorn Univ. Kalau kamu bagaimana bung Fadjar? kalau saya mengalir aja yang penting segera lulus hahaha, niatkan ibadah, prestasi mah bonus.

Leave a Reply